Kamis, 09 Oktober 2014

7 rules for speak english fluently / 7 aturan untuk mahir berbicara dalam bahasa inggris

Melihat tayangan talk show stasiun  televisi pilihan, kadang kita dibuat berdecak kagum, seorang penyiar televisi yang sedang mewawancarai tokoh hebat dunia. sudah pasti yang membuat kekaguman kita tentang penyiar tersebut adalah selain berpenampilan menarik, energik, cantik yreka yang paling penting adalah cara mereka berkomunikasi dalam bahasa asing sungguh sangat memukau.apakah mereka itu dari lahir sudah menguasai bahasa asing itu, jawabannya tentu tidak, mereka orang indonesia asli seperti kita.jadi mengapa mereka demikian fasih berbicara dengan bahasa asing, hampir sama persis dengan native speaker (pembicara asli) , berikut ini akan saya sampaikan langkah langkah atau aturan main bila kita ingin lebih cepat dalam menguasai bahasa inggris atau bahasa asing lainnya khususnya kemampuan berbicara.

1. Study phrases not individual words. belajar  frase bukan belajar kata tunggal.
  Langkah awal belajar adalah mengumpulkan sebanyak mungkin kosa kata/vocabulary. di memori kita. kata asing yang kita pelajari adalah kata tunggal. misal book adalah buku. tail adalah ekor dll. nah untuk memperlancar dalam belajar pengucapan/bicara maka kita tidak boleh belajar hanya satu kata berdiri sendiri melainkan buatlah sebuah kalimat/frase/sentence. misal budi is reading a book now. kalimat ini sederhana tapi merupakan gabungan dari kata sehingga pemahaman dalam memori kita diarahkan untuk memahami rangkaian kata yang membentuk kalimat tersebut, sehingga dengan penggunaan kalimat maka proses belajar menghafal kosa kata jauh lebih baik dan sempurna. ingat aturan pertama ini jangan belajar hanya "satu" kata. tapi belajarlah merangkai kalimat.

2. Never study english grammar/ jangan pernah  belajar tata bahasa

kita sering terjebak dalam blunder/kesalahn yang dibuat sendiri. dengan belajar grammar maka seolah kita mahir dalam bahasa inggris. padahal kemahiran itu hanya kecakapan secara tertulis. ingat grammar/tata bahasa tsb hanya akan bermanfaat untuk kita sukses meraih nilai ujian tertulis. penggunaan past tense. present tense.future tense dll.aturan main secara tertulis dan bukan pengucapan. maka aturan yang kedua agar lebih mudah dalam belajar bicara bahasa asing khususnya inggris jangan jebak diri kita sendiri memperdalam grammar, mengapa karena dengan kita tahu grammar justru membatasi kita akan berbicara, misal kita akan bercerita tentang seorang pencuri yang kemarin tertangkap polisi, kita akan berusaha keras mengingat ingat sutu kosa kata dalam bentuk past. kadang malah membuat bingung sendiri karena kosa kata yang akan kita gunakan dalam bentuk lampau itu apa ya.mengingat bentuk kosa kata lama, kadang kita juga lupa itulah salah satu penyebab yang akhirnya membatasi kita untuk tidak bisa mengucapkannya karena lupa bentuk lampau. jadi aturan kedua adalah sedapat mungkin kita jangan terjebak untuk belajar grammar. hindari itu, nanti di point ke lima ada langkah yg tepat kapan belajar grammar.

3. Listen first./ pertama dan yang utama adalah mendengar

pada umumnya dulu kita belajar bahasa inggris di kelas saat sekolah, berhari hari berjam jam yang kita pelajari adalah setumpuk buku dan sebanyak mungkin kamus. bored. membosankan. karena kita belajar menggunakan mata. padahal yang ingin kita kuasai adalah bagaimana lebih cepat berbicara. maka yang harus kita lakukan adalah belajar tidak menggunakan mata. namun kita belajar gunakan telinga. mengapa demikian. dengan mendengar percakapan pembicara asli, maka kita tahu bagaimana sebuah kalimat tersebut diucapkan/ dialeknya jelas. dan kita belajar ketika bayi sampai anak kecil adalah belajar dengan cara mendengar, mendengar ibu menyanyi. otak kita merekam jelas perkataan ibu. ayah , kakak. maka lambat laun si anak akan menirukan perkataan tersebut. sangat simpel dan mudah bukan. mulailah mencari rekaman rekaman. cerita cerita pendek dalam bahasa asing, lagu lagu asing. dengarkan dengan seksama berulang ulang, memori di otak kita akan merekam apa yang diucapkan dan secara otomatis kita akan mampu mengucapkan. cobalah. saya melakukannya setiap hari dan tidak pernah lagi belajar dengan membaca, karena sama sekali tidak membantu mempercepat proses bicara. lakukan kegiatan mendengar itu sesering mungkin. sambil jogging, sambil olah raga. aktivitas berkebun dll.yakinlah dengan mendengar  cerita maka perbendaharaan kosa kata semakin baik dan banyak.bonusnya kita dapat dengan mudah mengucapkannya.

4. Learn deeply/ belajar lebih dalam

maksud aturan keempat learn deeply/belajar lebih dalam adalah, ketika kita belajar mengartikan sebuah kalimat yang kita dengarkan. kita tangkap sebuah tema. misal tema yang dibicarakan tentang ekonomi, dari pembahasan .pembicaraan yang ada kita cari tahu hal hal apa saja yang berhubungan dengan pembicaraan dimaksud. misal tentang inflasi. apa penyebab utama, bagaimana dampak dari inflasi tersebut, bagaimana mengatasi/solusi dll. cari tahu tentang hal tersebut dalam bahasa asing yang kita pelajari maka kita akan tahu benar tentang proses perekonomian berlangsung dan dengan mempelajari lebih dalam suatu tema maka kita telah menyerap kosa kata baru serta dengan memahami keseluruhan cerita maka memori kita akan lebih lama menyimpannya. jadi aturan keempat pelajari lebih dalam tentang suatu kalimat terbentuk. pahami masalah, tentang apa saja topik yang dibicarakan dalam rekaman yang kita dengarkan.

5. Use point of view story/ belajar dari inti sebuah cerita

 dengan mendegar suatu cerita maka kita tanpa belajar grammar/ aturan yang kedua tadi. maka tanpa kita belajar grammar dan hanya mendengar sebuah cerita walaupun cerita itu singkat maka kita secara tidak langsung juga telah dan akan belajar grammar. contoh sebuah cerita yang kita dengar tentang seorang laki laki. pada cerita bentuk sekarang. present maka cerita tersebut akan berbunyi sebagai berikut. there is a man, the man is joko. joko goes to the store. joko buys a ball.the ball is red. joko pay 25.000 for that ball. dengarkan ulang ulang. kemudian bila dengan cerita yang sama persis namun dalam bentuk past /lampau maka cerita yang akan kita dengar bunyinya seperti ini there was a man. the man was joko.joko went to the store. joko bought a ball. the ball was red.joko paid 25 000 for that ball. nah kita tahu bedanya bentuk kalimat sekarang atau lampau. selalu dengarkan dan dengarkan. cari inti dari cerita maka kita akan mudah mengucapkan dalam sebuah kalimat.

6. Use real english material/ gunakan alat alat nyata dalam belajar bahasa

maksudnya adalah kita pilih suatu bahan yang kita sukai misal mendengar cerita atau topik tentang olah raga, atau kita membaca cerita semacam nobel/komik yang benar benar kita menikmati/enjoying .jadi kita tidak belajar text book dengan membaca pelajaran bahasa inggris yang buku nya tebal dan membahas secara kaku suatu materi. misal Haloo how are you. im fine and you... bukan seperti itu. itu terlalu kaku. yang kita perlukan adalah bagaimana kita mendengar atau menikmati sebuah bahan yang kita sangat menikmati materi tersebut. sehingga pembicaraan yang kita lakukan adalah natural alias alami, mengapa karena kita akan lebih nyaman dengan pembelajaran yang kita sukai bukan. cobalah apa yang saya lakukan ini semoga perkembangan bicara anda semakin baik.

7. Use listen and answer mini story/ gunakan pendengaran dan jawab cerita pendek

belajar dengan mudah "easy" sederhana " simple" otomatis "automatically" cepat " quickly"mulailah dengan tanya jawab sebuah cerita. dengarkanlah apa yang guiru sampaikan dan jawablah pertanyaan yang disampaikan. tentu guru yang berpengalaman adalah guru yang bertanya tentang hal yang mudah bukan pertanyaan sulit.tinggalkan cara lama yang dalam suasana kelas tanya jawab antara guru dan murid yg seperti ini " god morning " dijawab serenta Good morning" how are you dijawab im fine and how are you.... bukan seperti ini. segera tinggal kan cara tersebut. jadi apa yang akan kita gunakan. lihatlah seperti contoh berikut; Bob is  a student. he is 17 years old. he studies matematic.his girlfriend name is sandra. cerita pendek tersebut langsung akan diajukan sebuah pertanyaan yang mudah oleh guru tugas kita menjawab dg cepat. berpikir cepat dan menjawab cepat. misal guru tanya is  bob man or girl? jawab dg cepat man.  what is bobs girlfriend name? jawab sandra. jadi tanya jawab ini hanya secara cepat mudah dan singkat,  kita tidak berpikir terlalu lama.  intinya kita belajar dengan cepat, cepat menjawab/bicara itulah intinya. jadi kita terbiasa berbicara. praktekkanlah.


 demikian lah langkah langkah mudah yang layak kita coba. dan yakinlah setiap hari akan bertambahlah kemampuan kita dalam menyerap bahasa asing utamanya dalam hal ilmu berbicara bahas asing. setiap saat praktekkan 7 langkah tersebut, maka penguasaan bahasa asing anda semakin meningkat pesat.selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar