Jumat, 17 Oktober 2014

Saatnya kita menghargai diri sendiri

Pernahkah anda merasa menjadi orang yang tidak dihargai oleh orang lain, kekasih, rekan kerja, atasan, bawahan, komunitas sosial dll. terus anda dan saya lantas berlarut larut dalam perasaan bersalah,sedih,aduh  kenapa sih rasanya aku ini kok tidak berharga dimata orang? nah jangan buru buru stress dong. ingat yang paling tahu sebesar apa harga diri kita dan yang paling  bisa membahagiakan kita bukan orang lain tapi justru kita sendirilah yang paling bisa menghargai dan membahagiakan diri sendiri. Jadi Ayo kita lihat seberapa besar anda menghargai diri sendiri? Jika belum pernah anda lakukan  , maka coba ambillah waktu sebentar dan lakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri.

1.    Luangkan waktu. Meluangkan waktu untuk diri sendiri akan membuat pikiran anda fresh kembali. tidak perlu lama lama misalnya terpaksa hanya 10 menit sekedar mengenang dan  memfokuskan pikiran sudah  sangat membantu anda merasa lebih baik. bila memungkinkan maka luangkanlah waktu yang lebih lama untuk memfokuskan pikiran pada diri sendiri dan buat rencana manis tentang apa yang perlu anda lakukan.

2.    Manjakan tubuh anda. Tidak sadar karena kesibukan kadang  apa yang dialami tubuh kita abaikan, mengabaikan rasa lapar karena target kerja.mengabaikan rasa kantuk yang teramat sangat demi menyelesaikan produk , bahkan kadang anda merasa tidak sakit ketika sebagian tubuh kita tergores atau lecet, ah itu biasa kata anda, dan lupa untuk mengurus diri sendiri.sesekali lihat telapak tangan dan kaki anda, terawatkah atau tidak? Cobalah berendam di air panas yang dicampur aroma theraphy , atau mandilah berlama lama bermain busa sabun yang harum, lakukan seskali. buat diri anda rileks, nyaman menikmati waktu mandi tersebut, ingat tidak perlu buru buru, waktu anda memanjakan diri adalah waktu anda memanjakan tubuh dari penat aktivitas rutin.

3.    Ciptakan rasa nyamanSesibuk apa anda, pada suatu saat ada juga waktu yang sela dan anda bisa menciptakan rasa nyaman tersebut untuk melkukan kegiatan yang akan membuat anda merasa nyaman contoh teleponlah sahabat karib, atau sejenak menikmati secangkir teh hangat atau coklat panas serta snack buatan sendiri sambil bolak balik majalah kesukaan perlu dilakukan. agar tubuh anda serasa liburan  tidur dengan bantal dan selimut yang nyaman, menulis , makan sesuatu yang disukai, mencium semerbak bunga, keluarkan koleksi boneka atau mobil mobilan atau apa saja yang anda sukai.

4.   
Berangan angan yang indah.  sesekali biarkan pikiran anda menerawang jauh berkhayal yang menyenangkan , anda bisa menjadi apa saja, seorang raja atau ratu, anda sebagai seorang milyader dengan mobil dan rumah mewah, anda sedang berlibur ke taman bunga yang eksotik.anda mempunyai kebun buah yang sungguh indah dengan udara yang sejuk, anda berdiam diri di sebuah balkon villa mewah dan lain lain. bebaskan pikiran kita sejenak atas penatnya kerja dengan cara seperti itu, ingat jangan juga terlalu lama, senyum senyum sendiri ha ha.

5.   
Kembali ke masa lalu kadang perlu. Masa kanak kanak bisa jadi masa terindah yang tidak akan kembali kita nikmati, nah tugas anda adalah sesekali kenang kembali moment indah saat anak anak, ulah nakal anda saat bermain lumpur saat hujan turun, terlambat ke sekolah gara gara bangun telat, he he pengalaman pribadi klo yang ini. cari waktu tsb dg mencoba memasukkan bola basket ke keranjangIni akan membawa keluar jiwa kanak-kanak yang ada dalam kepribadian kita dan memberi perasaan bahagia. Misalnya bermain busa sabun, membuat kue, mengamati awan dan mereka-reka bentuknya, serta bermain dengan hewan peliharaan bisa manjadi pilihan yang menarik.

6.    Cuti sehari. Apalagi bila Anda sudah merasa jenuh dengan pekerjaan sehari-hari. Ambil cuti sehari dan lakukan apa pun yang ingin dilakukan seharian penuh. Ini lebih baik daripada sehari di akhir pekan.maksudnya adalah ambil libur ajukan diri ijin ke atasan pada hari kerja yang menjadi hak anda, mintalah cuti barang sehari. pilihan yang mungkin dilakukan adalah olah raga atau foot mobility naik gunung bisa menjadi pilihan, menghabiskan waktu berburu sajian kuliner pilihan juga layak dicoba. hari biasa identik dengan jarangnya  orang bepergian karena mayoritas mereka pastilah sedang asyik dengan pekerjaan masing masing, anda di hari itu berekspresi seolah anda adalah penikmat tunggal suasana yang sepi itu. anda bebas tidak terikat pekerjaan di hari itu.menghabiskan waktu datang ke cafe dengan memesan coklat panas porsi besar dan memanjkan diri dengan menonton sajian film pilihan di hari kerja bisa membuat anda merasa rileks dan sangat menikmati.

7.    Jalan-jalan di tengah alam terbuka. Kadang kita lupa memperhatikan dunia yang terbentang di sekitar. Mengamati alam akan membuat kita merasa lebih enak dan kalem. Berjalanlah di taman. Amati dan pandanglah pohon, rumput, langit, kemudian bernapaslah dalam dalam. nikmati panorama yang indah ciptaan tuhan sepuas puasnya, bukan sekedar anda lewati dengan terburu buru ketika hendak berangkat kerja sehari hari saat anda melintas area tersebut. mendatangi tempat tersebut dengan sengaja merendam kaki di aliran jernih parit sawah bisa mengendurkan ketegangan, dan memberi efek relax.bahkan adakalanya kita perlu mendapati kaki kita digigit ikan ikan kecil itu tidak masalah. menikmati padang rumput luas yang bersih bebas sampah organik juga relaksasi yang sangat bagus.

8.    Melakukan sesuatu yang sudah lama ingin Anda kerjakan. Mengapa menundanya lagi? Lekas kerjakan dan Anda akan merasa lebih baik.dengan melakukan kegiatan yang lama sudah anda rencanakan, segeralah lakukan, jangan berpikir hal yang akan anda lakukan bakal mengganggu aktivitas anda dalam pekerjaan.membuat busa sabun ditiupkan ke angkasa bisa membantu menentramkan pikiran, bermain permainan anak anak, games seru bisa dilakukan, berlama lama berendam di jernihnya kolam renang layak anda coba.bahkan menangkap jangkrik jika hal itu yang ingin anda lakukan itu lebih baik daripada anda hanya ingin tanpa melakukan apa apa.

jadi langkah tersebut bisa anda lakukan bila anda benar benar ingin menjadi orang yang menghargai diri sendiri, sempatkan waktu untuk melakukannya, kadang ada waktu yang anda perlukan dalam melakukan aktivitas tersebut menyita sebagian waktu pekerjaan anda , namun dengan energi baru yg anda miliki setelahnya, menyelesaikan pekerjaan bertumpuk bukan masalah lagi, jadi mulailah anda perhatikan diri sendiri, hargai tubuh dan psikis anda, rawat badan dan pikiran kita, selamat mencoba, anda akan merasakan betapa terapiinimembuat anda semakin bersemangat melakukan kegiatan dan hal positif lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar